Ketahui Perbedaan Finishing Kitchen Set HPL dan Duco. Mana Yang Lebih Baik?

Kitchen set merupakan salah satu bagian penting pada dapur. Tidak sekedar membutuhkan fungsinya, namun tampilan bagian tersebut harus dibuat semenarik mungkin.

Soal tampilan kitchen set, terdapat dua pilihan untuk bagian finishing. Pilihan yang dimaksud yaitu High Pressure Laminate (HPL) atau cat Duco.

Kedua pilihan tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, sehingga Anda harus pandai menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan.

Agar tidak bingung dengan perbedaan HPL dan Duco, berikut akan dijelaskan keunggulan dan kelemahan dari masing-masing pilihan.

Finishing HPL

HPL yaitu material laminasi yang terbuat dari polyvinyl chloride (PVC) yang diproses dengan tekanan tinggi. Dengan proses pembuatannya tersebut, lapisan material menjadi padat dan awet.

Material ini tahan terhadap goresan karena terlindung oleh lapisan overlay yang juga melindungi pada bagian bawah lapisannya.

Lapisan tersebut juga membuat HPL tahan air karena tidak memiliki pori-pori pada permukaannya.

Keunggulan Finishing HPL

Bagi Anda yang tertarik dengan finishing HPL, berikut akan dijelaskan beberapa keunggulan dari finishing tersebut.

  • Biaya pemasangan yang lebih murah – Pemasangan HPL termasuk mudah dan cepat. Anda juga tidak perlu meminta bantuan jasa tukang untuk memasangnya.
  • Terdapat banyak pilihan motif – Dengan banyaknya pilihan motif, Anda bisa berkreasi dengan leluasa. Pilihan motif mulai dari warna solid, tekstur kayu, batu alam, hingga marmer bisa Anda jadikan pilihan.
  • Pengerjaan yang rapi – Pemasangan material HPL dilakukan dengan cara ditempelkan begitu saja. Tidak heran jika hasil pengerjaannya tidak berantakan dan lebih bersih.
  • Material awet dan tahan lama – Seperti yang telah dijelaskan diatas, material HPL tahan goresan, air, bahkan panas. Dengan begitu, kitchen set Anda dijamin awet dan tahan lama.
  • Harga yang relatif murah – Material dengan harga murah namun berkualitas, cukup menarik untuk dipertimbangkan.

Kekurangan Finishing HPL

Dengan keunggulan yang dimiliki, bukan berarti finishing HPL tidak memiliki kekurangan. Berikut beberapa kekurangan dari finishing HPL.

  • Membutuhkan ketelitian dalam pemasangannya – Meskipun proses pemasangan HPL terbilang cepat ternyata pemasangannya juga membutuhkan ketelitian yang tinggi. Ketelitian diperlukan untuk menghindari hasil permukaan tidak merata dan bergelembung.
  • Tidak fleksibel – HPL bersifat tidak fleksibel, sehingga apabila material patah maka biaya akan meningkat.
  • Tampilan yang kalah dari cat Duco – Tampilan HPL tidak semewah cat Duco.
  • Tidak bisa dipasang pada permukaan dengan ukuran lengkungan yang kecil

Finishing Duco

Cat Duco merupakan material cat pernis berbahan dasar minyak, yang bisa diaplikasikan dengan cara disemprot.

Hasil akhir berkilau dari finishing Duco membuatnya tampil lebih mewah dibandingkan finishing HPL.

Keunggulan Finishing Duco

Selain tampilan yang lebih mewah, finishing Duco juga memiliki berbagai kelebihan lain. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

  • Bisa diaplikasi pada berbagai permukaan kayu – Walaupun permukaan kayu tersebut rata maupun lengkung, Anda tetap bisa mengaplikasi finishing
  • Bisa memilih hasil coating – Anda bisa memilih coating berkilau, satin, maupun matte.
  • Tersedia dalam berbagai pilihan warna – Anda bisa memilih warna sesuai dengan keinginan.
  • Bau tidak menyengat dan aman – Bau yang dihasilkan cat Duco tidak menyengat sehingga Anda tetap merasa nyaman. Cat Duco juga dijamin aman untuk kesehatan.

Kekurangan Finishing Duco

Selain kelebihan, finishing Duco juga memiliki sejumlah kekurangan.

  • Harga relatif lebih mahal – Dengan material yang aman untuk kesehatan dan hasil yang berkilau membuat cat duco memiliki harga lebih mahal.
  • Pengerjaan lama – Pengerjaan yang dilakukan beberapa tahap membuat Anda harus menghabiskan waktu yang lama untuk proses finishing
  • Membutuhkan tenaga ahli – Dalam pengerjaannya, finishing Duco membutuhkan tenaga ahli karena prosesnya terbilang cukup rumit.

Nah, demikian tadi penjelasan mengenai perbedaan HPL dan Duco. Kedua pilihan tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Bagi Anda yang membutuhkan tenaga jasa pertukangan untuk membantu finishing kitchen set, Anda bisa mempercayakannya pada Sejasa.com. Ingat jasa, ingat Sejasa!

Leave a Comment