Mana yang Lebih Baik Anatara Attendance Management Program Online dan Fingerprint? Berikut Ulasannya

Attendance management program adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan dewasa ini, di masa pandemi banyak perusahaan yang mengubah cara kerja menggunakan teknologi-teknologi yang mendukung, salah satunya penggunaan attendance management program untuk  urusan absensi pegawai.

Fingerprint adalah salah satu media absen yang dianggap sebagai teknologi terbaru untuk absensi pegawai di beberapa tahun yang lalu karena dianggap memiliki tingkat keamanan yang cukup bagus agar absen tidak bisa di curangi. Bagaimana peran fingerprint di masa ini? Akankah masih efektif? Bagaimana dengan attendance management program? Apakah juga efektif untuk perusahaan? Kami akan membahas topik untuk kamu, yuk dipahami bersama-sama.

Proses Absensi

Proses absensi adalah hal yang menentukan tanda kehadiran karyawan baik menggunakan attendance management program ataupun menggunakan fingerprint.

1. Fingerprint

Proses absensi menggunakan sidik jari yang sudah didaftarkan sebelumnya, sidik jari yang digunakan untuk absensi biasanya menggunakan dua jari yang berbeda, misalnya ibu jari tangan kanan atau telunjuk sebelah kiri. Ini adalah cara dasar berabsen menggunakan fingerprint, sehingga menggunakan fingerprint ini cukup aman untuk proses absensi pegawai, karena tidak ada yang bisa melakukan kecurangan karena hanya bisa diakses dengan sidik jari masing-masing pegawai. Untuk kemudian data  absensi akan masuk data rekapan data bulanan.

Hanya saja kelemahan penggunaan scaning sidik jari ini, terkadang membutuhkan waktu untuk keberhasilan scaning sidik jari, sehingga banyak karyawan yang harus mengulang 1 sampai 2kali atau lebih agar absensi bisa berhasil, tanda keberhasilan absensi adalah adanya suara mesin seperti “Terimakasih” jadi terkadang absensi menggunakan fingerprint membutuhkan waktu lebih banyak agar berhasil.

Di masa pandemi ini, metode absensi menggunakan fingerprint ini memiliki resiko yang lebih besar, karena penggunaan satu media absen untuk banyak orang sehingga memungkinkan penyebaran virus dari satu orang ke orang lain lebih besar jadi metode absensi fingerprint di era pandemi ini dinilai banyak resikonya.

2. Attendance management program

Sebagaimana fingerprint menggunakan sidik jari untuk bisa absen, aplikasi absensi  online menggunakan foto selfie untuk menginput data absensi. Attendance management program memiliki fitur pendeteksi wajah, sehingga absen hanya bisa dilakukan dengan pengenalan wajah karyawan tersebut.

Proses absensi menggunakan attendance management program, menggunakan satu perangkat seperti smartphone yang sudah diinstal aplikasi online, cukup dengan selfie data absensi sudah terinput dengan baik. Pun masing-masing karyawan memiliki satu akun untuk akses ke attendance management program ini, jadi berabsen bisa dilakukan secara mandiri di akun dan perangkat masing-masing.

Sumber Energi

Sumber energi adalah hal yang membuat perangkat absen tetap berjalan dengan baik. Misalnya listrik ataupun koneksi internet.

1. Fingerprint

Fingerprint menggunakan listrik sebagai sumber perangkatnya, atau ada sumber lain yang lebih konvensional yaitu menggunakan tenaga batery sebagai sumber perangkat agar tetap nyala sehingga perangkat ini harus terhubung dengan listrik ataupun batery terisi dengan penuh agar bisa digunakan dalam absensi pagi dan sore hari.

Kelemahan fingerprint dalam masalah sumber ini adalah jika terjadi pemadaman listrik secara mendadak sehingga karyawan tidak bisa melakukan absensi dengan tepat, ataupun jika batery habis, harus melakukan charge perangkat terlebih dahulu. Jadi jika terdapat gangguan dari listrik, proses absensi bisa kurang optimal. Baca mengenai “Jenis-Jenis Alat Absensi Karyawan Perusahaan untuk Kedisiplinan”

2. Attendance management program

Attendance management program bisa dioperasikan menggunakan jaringan internet, sehingga bila ingin bisa melakukan absensi, perangkat karyawan harus terhubung dengan internet terlebih dahulu baik itu data selular maupun Wi-Fiyang sudah disediakan. Kemudahan absensi menggunakan attendance management program ini adalah bisa mengakses absensi secara cepat dan mudah jika terhubung internet, apalagi sekarang jaringan internet bisa diakes dengan mudah dan setiap orang bisa menikmatinya.

Attendance management program memiliki fitur pendeteksi wajah, sehingga absen hanya bisa dilakukan dengan pengenalan wajah karyawan

Sedangkan kelemahan dari attendance management program adalah ketika koneksi internet terputus jika menggunakan Wi-Fi ataupun jika sinyal yang digunakan dalam data selular juga sedang lemah. Hal ini bisa diakali menggunakan opsi hubungan internet secara Hot Spot dari perangkat lain maupun Mi-Fi.

Perangkat

1. Fingerprint

Perangkat adalah alat yang digunakan untuk berabsen. Absensi karyawan menggunakan fingerprint memiliki satu alat khusus yang berisi layar scan untuk mendeteksi sidik jari karyawan. Umunya perusahaan membeli satu alat yang digunakan untuk banyak karyawan sehingga dalam proses absensi bisa dibagi post-post agar tidak menyebabkan antre untuk proses absensi. Alat ini juga memerlukan maintenance berkala agar dapat berfungsi maksimal.

Kelemahan dari penggunaan 1 alat untuk banyak orang ini adalah menyebabkan antrean ketika masuk dan pulan kerja, sehingga waktu terbuang untuk proses antre ini. Waktu bekerja juga semakin berkurang. Pun di masa pandemi, fingeprint menimbulkan antrean sehingga resiko berkumpul juga ada, hal ini dinilai kurang efektif untuk karyawan diperusahaan besar.

2. Attendance management program

Attendance management program, menggunakan perangkat masing-masing karyawan berupa smartphone sehingga absensi dilakukan secara mandiri dan tanpa menimbulkan antrean. Tentunya setiap perangkat sudah di instal attendance management program.

Biaya

1. Fingerprint

Biaya yang dikeluarkan untuk fingerprint untuk pembelian alat dan perawatan fingerprint secara berkala, biaya yang dikeluarkan cukup variatif tergantung dengan merk alat dan jenis perawatanya. Sehingga perusahaan juga mengeluarkan uang yang lumayan besar setiap waktunya.

2. Attendance management program

Biaya yang dikeluarkan untuk aplikasi absensi pegawai ini dilakuakan setiap bulannya, tergantung dengan paket dan jumlah karyawan yang menggunakan aplikasi ini.

Penggunaan attendance management program dan fingerprint sama-sama untuk mempermudah urusan absensi, tentukan salah satu yang menurutmu terbaik dan cocok untuk data absensi pegawai. Semakin mudah teknologi, perusahaan juga akan semakin terbantu.

Aplikasi Absensi Talenta, Solusi Mengatur Absen Karyawan

Software HRIS Talenta memiliki berbagai macam fitur yang dapat membantu HR dalam mengelola administrasi karyawan yang lebih efisien. Salah satu fitur unggulannya adalah manajemen absensi menggunakan Live Attendance.

Dengan absen online ini, karyawan dapat melakukan absensi di mana saja tanpa perlu mengandalkan mesin sidik jari hingga sistem dapat mencatat data kehadiran secara otomatis.

Lewat aplikasi mobile Talenta, karyawan hanya perlu melakukan selfie dan data absensi karyawan secara otomatis dapat disimpan di dalam sistem.

Selain itu, Talenta juga memiliki fitur menghitung serta pembayaran payroll secara otomatis yang dapat diintegrasikan dengan fungsi absen online yang mencatat kehadiran secara otomatis.

Jadi ketika memasuki periode payroll, HR tidak perlu lagi menghitung gaji karyawan secara manual karena gaji karyawan dapat dihitung secara otomatis melalui sistem.

Tertarik menggunakan Talenta dan mempelajari fitur-fitur lainnya? Anda bisa mencoba fitur-fiturnya secara gratis dengan mendaftarkan demo produknya di websitenya. Yuk, coba Talenta sekarang juga!

Leave a Comment